Jurnal tentang fungsi vitamin larut lemak bagi tubuh

Vitamin Larut Lemak Vitamin yang larut dalam lemak merupakan molekul hidrofobik apolar, yang semuanya adalah derivat isoprene. Bila tubuh memerlukan, vitamin A dimobilasi dari hati dalam bentuk retinol yang diangkut oleh Retinol Binding-Protein RBD yang disentesis oleh hati. Makan dua porsi atau lebih beras merah juga mengurangi resiko diabetes.

Kebanyakan senyawa dalam keluarga vitamin A yang larut dalam lemak dan penting untuk berbagai proses dalam tubuh. Kedua bentuk vitamin tersebut mempunyai potensi yang sama ,yaitu masingmasing dapat menghasilkan kalsitriol D2 dan D3.

Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya

Retinoid dan karotenoid memiliki aktivitas antikanker. Vitamin A mempunyai provitamin yaitu karoten. Pengamatan-pengamatan tersebut menimbulkan dugaan, bahwa ada senyawa-senyawa zat makanan lain diperlukan untuk menjaga kesehatan di samping karbohidrat, lemak atau protein.

VITAMIN LARUT LEMAK VITAMIN A

Sedangkan, komplikasi jangka panjang hypervitaminosis diobati D meliputi: Sebagai permulaan ada baiknya kita mengenal jenis lemak dalam tubuh terlebih dahulu Jenis lemak Lemak jenuh.

Tiamin memang mengandung senyawa amin. Phylloquinone berasal dari tumbuhan. Era penyembuhan empiris Era pertama dimulai pada sekitar tahun sebelum masehi. Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kolesterol telah lama diduga sebagai penyebab terjadinya aterosklerosis yang akhirnya berakibat timbulnya penyakit jantung koroner.

Penurunan menjadi menadiol metabolisme menadione diikuti dengan pembentukan glukuronida yang diekskresikan dalam empedu.

Jurnal Tentang Manfaat Vitamin A

Bagaimanapun, kekurangan vitamin K jarang terjadi karena hampir semua orang memperolehnya dari bakteri dalam usus dan dari makanan. Menadion K3yaitu senyawa induk seri vitamin K, tidak ditemukan dalam bentuk alami tetapi jika diberikan, secara in vivo senyawa ini akan mengalami alkilasi menjadi salah satu menakuinon K2.

Struktur beberapa vitamin D yakni ditampilkan pada Gambar Kebiasaan lain masih melekat dari masyarakat indonesia adalah kebiasaan ngemil, hal itu bukanlah jelek, tetapi akan mempengaruhi berat badannya.

Kandungan vitamin D pada makanan nabati ini sangat rendah. Dimana masyarakat kita cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak.12/12/ · Fungsi lemak dalam makanan adalah memberikan rasa gurih, memberikan kualitas renyah, terutama pada makanan yang digoreng, memberi kandungan kalori tinggi dan memberikan sifat empuk (lunak) pada kue yang dibakar.

Di dalam tubuh lemak berfungsi sebagai cadangan energi dalam bentuk jaringan lemak yang tertimbun di tempat-tempat tertentu. Fungsi / manfaat vitamin B5 antara lain yaitu berperan dalam reaksi Enzim di dalam tubuh dan reaksi pemecahan nutrisi makanan.

selain itu fungsi lain dari vitamin ini adalah sebagai neurotransmiter antara sistem saraf pusat dan otak serta membantu memproduksi senyawa asam lemak dan hormon tubuh.

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi vitamin ada baiknya perlu kita ketahui apa yang dimaksud dengan vitamin itu sendiri. Pada dasarnya Berdasarkan struktur dan fungsinya zat gizi dapat digolongkan menjadi enam macam yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin itu elbfrollein.com: Titian Bengawan.

Misalnya, vitamin B dan C larut dalam air. Adapun vitamin A, D, E, dan K larut dalam pelarut nonpolar dan jaringan lemak tubuh (yang juga bersifat nonpolar). Vitamin-vitamin tersebut disimpan sebagai cadangan vitamin, yang digunakan ketika seseorang mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin dalam jangka waktu lama.

Manfaat dan Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh - Berdasarkan kelarutannya, vitamin dapat dibedakan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) dan larut dalam air (vitamin B dan C). Telah disebutkan di depan bahwa tubuh kita membutuhkan sedikit vitamin.

Secara umum vitamin berfungsi sebagai pengatur proses-proses kimia dalam tubuh. Vitamin merupakan nutrien organic yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimiawi dan yang umumnya tidak disintesis oleh tubuh sehingga harus dipasok dari elbfrollein.comn yang pertama kali ditemukan adalah vitamin A dan B, dan ternyata masing-masing larut dalam lemak dan larut dalam air.

Jurnal tentang fungsi vitamin larut lemak bagi tubuh
Rated 4/5 based on 94 review