Berat badan siswa pada suatu kelas disajikan dengan histogram

Setiap kita tentu berharap bahwa yang kita dapatkan dalam hidup selalu yang terbaik, akan tetapi di balik itu semua kita terkadang di batasi oleh sesuatu. Terlebih bagi mereka yang tidak menyukai angka, mereka lebih suka mencari keterangan dari orang lain tanpa mau berusaha mencari informasi sendiri apa yang terkandung dalam tabel tersbut.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh data berikut ini. Buatlah diagram garis dan diagram lingkaran dari data di Nilai 5 6 7 8 9 atas! Artinya, berat badan kebanyakan berkisar antara 46 kg dan 55 kg.

Lebar kelas Untuk mencari lebar kelas dapat dipakai rumus: Murid-murid di SD Negeri 3 rajin-rajin. Sedangkan ogive turun apabila berdasarkan distribusi frekuensi kumulatif lebih dari.

Menentukan banyak kelas interval dengan aturan Sturges dimaksudkan agar interval tidak terlalu besar sebab hasilnya akan menyimpang dari keadaan sesungguhnya. Mengelompokkan ke dalam interval-interval kelas yang sama panjang, misalnya 65— 67, 68 — 70, …80 — Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram batang.

GHJ a.

Pembahasan-Soal-Statistik-SMA.doc

Mean histogram tersebut adalah Jika median data adalah 5 2 2 maka rata-rata data tersebut adalah Namun untuk menghasilkan gambaran data yang komunikatif, harus diingat untuk menyajikan sesuai kebutuhan.

Tetapi diantara batasan - batasan sebenarnya ada banyak pilihan, pilihan - pilihan itu bisa menghantarkan kita kepada tujuan yang akan di capai.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! Lebar setiap batang harus sama antara satu dengan yang lain, termasuk warna atau corak arsirannya 6. Berapakah nilai median dari tabel diatas? Banyak kelas dibulatkan menjadi "6". Berapa rataan dan 3.

Langkah-langkah penyusunan tabel distribusi frekuensi adalah sebagai berikut. Tabel 4.

MATERI XI IPA SEMESTER I

Jika seorang siswa yang mendapat nilai 1! Buatlah diagram lingkaran dan batangnya data nomor siswa adalah Histogram Dari suatu data yang diperoleh dapat disusun dalam tabel distribusi frekuensi dan disajikan dalam bentuk diagram yang disebut histogram.

Contoh soal Jumlah lulusan SMA X di suatu daerah dari tahun sampai tahun adalah sebagai berikut. Poligon Frekuensi Kumulatif Dari distribusi frekuensi kumulatif dapat dibuat grafik garis yang disebut poligon frekuensi kumulatif. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh soal berikut ini.

PenyelesaianSebelum data pada tabel di atas disajikan dengan diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya sudut dalam lingkaran dari data tersebut.

Misalkan, peneliti ingin menyelidiki kemampuan penguasaan bahasa inggris, semua siswa kelas XI SMA se- Sulawesi Selatan, maka seluruh siswa kelas XI yang akan diteliti atau keseluruhan obyek penelitian disebut populasi.Berat badan siswa pada suatu kelas disajikan dengan histogram seperti pada gambar.

Rataan berat badan tersebut adalah kg. a. 64,5 b. 65 c. 65,5 d. 66 e. 66,5 3. Nilai rataan dari data pada diagram adalah. a. 23 b. 25 c. 26 d. 28 e. 30 4.

PEMBAHASAN SOAL UJIAN NASIONAL STATISTIKA

Rataan skor dari data pada tabel adalah .Author: PGSD NTT 9/28/ · Misalkan, hasil ulangan Bahasa Indonesia 37 siswa kelas XI SMA 3 disajikan dalam tabel di samping. Penyajian data pada Tabel dinamakan penyajian data sederhana. Dari tabelAnda dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai 9, yaitu sebanyak 7 orang.

Soal UN dan Pembahasan tentang Statistika

Berapa orang siswa yang mendapat nilai 5? Penyelesaian Sebelum data pada tabel di atas disajikan dengan diagram lingkaran, Contoh Soal Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini. Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi.

Pelajaran: MATEMATIKA IPS. Waktu: Menit. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat! Jangan lupa Berdoa dan memulai dari yang mudah. UANKode P12 N0. 8. Berat badan siswa pada suatu kelas disajikan dengan histogram seperti pada gambar. Rataan berat badan tersebut adalah.

Jika terdapat suatu rentetan peristiwa yang mengalami perubahan yang terus-menerus atau tanpa terputus (kontinu), misalnya berat badan bayi yang selalu berubah sepanjang waktu, maka pada periode tertentu data seperti itu dapat disajikan dengan diagram garis.

Berat badan siswa pada suatu kelas disajikan dengan histogram
Rated 4/5 based on 81 review